Loading...
Tips Mudah Transisi ke Praktik Klinik Tanpa Kertas

March 1, 2024, 6:19 a.m.

Tips Mudah Transisi ke Praktik Klinik Tanpa Kertas

Apakah klinik Anda masih melakukan pencarian dokumen di lemari arsip untuk menemukan catatan pasien? Tentu sangat menyusahkan bukan ketika harus mencari dokumen secara manual. Munculnya solusi berbasis digital pada peralihan sistem tanpa kertas menawarkan penyederhanaan operasional. Ketika praktisi layanan kesehatan sudah familiar dengan penjadwalan janji temu secara manual dan pengelolaan dokumen fisik,  maka peralihan ke klinik tanpa kertas akan terasa menakutkan. Dini kita perlu meyakinkan diri meskipun proses transisi klinik memerlukan waktu, manfaat dari peralihan ke klinik digital akan sangat terasa.

Manfaat Pindah ke Praktik Klinik Digital

Beberapa klinik tradisional telah mengakui bahwa menjalankan klinik kesehatan menggunakan sistem berbasis kertas merupakan suatu tantangan. Semakin sibuk suatu klinik, semakin berat tanggung jawab administratif dalam mengelola dokumen. Dalam hal efisiensi dan produktivitas, peralihan ke praktik tanpa kertas adalah pilihan yang jelas. 

Praktik klinik tanpa kertas dapat mengurangi beban administratif dan memberikan lebih banyak waktu bagi staf untuk fokus pada perawatan. Terlebih lagi, platform digital yang unggul akan menawarkan fitur seperti pengingat janji temu otomatis dan penjadwalan yang mudah, sehingga dapat mengurangi risiko janji temu terlewat atau pemesanan ganda. Singkatnya, klinik digital dipakai untuk menyederhanakan alur kerja, membantu memastikan penggunaan waktu staff sebaik-baiknya dan meningkatkan produktivitas.

Selain memiliki kemampuan untuk memperbarui dan berbagi informasi secara instan, praktik klinik digital memungkinkan staf untuk mengakses data pasien secara real-time. Akurasi ini tentu bermanfaat dalam mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti.

Terakhir, dengan penerapan klinik berbasis digital akan menghilangkan atau mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan fisik, persediaan kertas dan biaya pencetakan sehingga klinik dapat menghasilkan peluang keuntungan finansial yang lebih besar.

Tips Transisi Praktik Klinik Tanpa Kertas

Sebelum Anda mulai memindai dan mengunggah dokumen, luangkan waktu untuk menyusun alur tentang proses transisi. Proses transisi yang dimaksud seperti menetapkan dokumen mana yang akan Anda pindahkan terlebih dahulu dan menetapkan timeline untuk menyelesaikan transisi ini. Mari kita bahas tips dalam permudah proses transisi klinik digital.

Langkah 1: Mengatur Dokumen Kertas

Proses pemindahan dokumen kertas yang sudah berumur bertahun-tahun ke platform digital bisa terasa sangat berat. Oleh karena itu, salah satu tipsnya adalah memulai dengan fokus kelola data pasien saat ini terlebih dahulu. 

Setiap kali Anda bertemu pasien, pisahkan file mereka ke lemari atau laci baru. Kemudian, ketika Anda memiliki waktu dan sumber daya yang tersedia, Anda dapat memindahkan dokumen pasien terbaru. Untuk membuat prosesnya lebih lancar, Anda perlu konsisten untuk menghindari kebingungan atau kehilangan dokumen.

Langkah 2: Investasi Pada Teknologi yang Tepat

Untuk mengurangi penggunaan kertas, Anda memerlukan teknologi perangkat lunak atau software. Contohnya software rekam medis elektronik dengan penyimpanan cloud. Pastikan Anda memilih teknologi yang mudah digunakan seperti software klinik eramedix, yang unggul dalam membuat transisi dokumen ke sistem digital sesederhana mungkin.

Langkah 3: Susun Dokumen Menjadi Satu Format

Saat Anda mulai memindai dan mengunggah dokumen, perhatikan format file untuk menyimpannya, pastikan Anda menggunakan format file yang konsisten untuk menghindari kebingungan. Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa memulai dengan mengelompokan file berdasarkan jenis pasien. 

Langkah 4: Melatih Staf

Menjalankan klinik tanpa kertas memerlukan beberapa penyesuaian bagi staf Anda. Untuk memastikan bahwa semua staf mempunyai pemahaman yang sama. Pastikan semua orang terlatih dalam menggunakan teknologi baru serta memahami alur kerja yang baru, misalnya seperti cara memberi nama file dan cara membuat cadangannya. Anda juga dapat menunjuk seorang seorang staf agar menjadi kepala untuk bertanggung jawab mengelola transisi.

Langkah 5: Pantau Kemajuan Staf

Saat Anda mulai menggunakan sistem digital, perhatikan seberapa baik sistem tersebut bekerja. Pantau kemajuan staf Anda dalam melakukan penyesuaian, untuk memastikan bahwa klinik Anda telah mencapai tujuan transformasi digital. 

Kesimpulan

Seiring berjalannya waktu, Anda akan menyadari bahwa sistem klinik tanpa kertas lebih efisien, berkelanjutan dan lebih mudah dikelola. Sistem klinik tanpa kertas menawarkan banyak manfaat bagi owner, pasien dan staf. Proses yang disederhanakan, peningkatan aksesibilitas dan penghematan biaya menjadikan perangkat software klinik investasi yang berharga.

Demi kenyamanan Anda, kami menawarkan panduan komprehensif dalam mengurangi penggunaan kertas melalui sistem klinik Eramedix. Fitur Eramedix mudah digunakan, sehingga akan mudah dikonfigurasikan sesuai tujuan dan prioritas praktik Anda. Penerapan sistem klinik Eramedix akan membuka jalan bagi praktik klinik agar lebih efisien dan produktif. Yuk, mulai uji coba gratis hari ini!