Loading...
Sistem Klinik Eramedix Cegah Terjadi Medical Error

April 9, 2024, 2:07 p.m.

Sistem Klinik Eramedix Cegah Terjadi Medical Error

Layanan kesehatan adalah zona yang paling penting dalam keberlangsungan negara. Meskipun setiap prosedur medis membawa kesembuhan bagi pasien, namun juga dapat membawa potensi risiko terhadap nyawa pasien jika terjadi kesalahan medis (medical error). Oleh sebab itu, pencegahan terjadinya medical error selalu menjadi prioritas utama bagi klinik dan rumah sakit di seluruh dunia. Melalui perkembangan teknologi yang semakin pesat, munculah solusi yang efektif  dalam mengurangi terjadinya medical error. Teknologi tersebut bernama Sistem Klinik Eramedix, 

Penyebab Utama Medical Error

Faktanya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesalahan medis. Mulai dari diagnosis yang tidak lengkap hingga akhirnya berdampak ke prosedur medis pasien. Namun di antara semua itu, ada satu faktor yang sangat mendasar yang tampaknya tidak penting, namun berpotensi menyebabkan kesalahan medis, yaitu kesalahan dokumentasi medis. Meskipun kelihatannya sepele, dokumentasi yang berisi penulisan ambigu dan tidak lengkap, dapat mengubah arti  lalu pada akhirnya berdampak pada hasil keputusan medis selanjutnya. 

Contoh sederhananya, jika perawat membuat kesalahan saat mencatat obat pasien, otomatis akan berdampak dan berpengaruh juga ke pemberian dosis pasien menjadi tidak tepat. Ketika pasien salah mendapat obat atau tidak sesuai dosis pasien akan lebih lama sembuh, bahkan tidak dapat sembuh dari penyakitnya. Pada beberapa pasien, kesalahan pemberian obat dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius, bahkan kejang, luka dalam, cacat jangka panjang bahkan sampai kematian.

Mengenal Sistem Klinik Eramedix

Eramedix adalah sistem manajemen klinik terintegrasi yang dirancang untuk membantu klinik mengelola semua aspek operasional klinik dengan lebih efisien dan efektif. Pertumbuhan sistem klinik yang ‘menjamur’ ternyata membentuk persaingan ketat, hal ini membuat sistem klinik Eramedix menawarkan lebih banyak fitur yang dirancang khusus untuk mencegah terjadinya kesalahan medis. Lalu, apa yang membuat Eramedix menonjol dari sistem klinik lainnya? Berikut adalah beberapa aspek penting dari Eramedix yang berperan mencegah terjadinya medical error :

1. Integrasi dan Aksesibilitas Data

Eramedix mengintegrasikan semua data dan riwayat medis pasien kedalam satu sistem yang terpusat dan terstruktur. Ketika seluruh tim medis memiliki akses yang cepat dan mudah ke data pasien, maka risiko kesalahan dalam diagnosis atau pengobatan dapat dikurangi secara signifikan.

2. Pengelolaan Obat Terintegrasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab utama medical error adalah kesalahan dalam pemberian obat. Pemberian obat yang tidak sesuai akan memicu interaksi penolakan obat hingga mengancam keselamatan pasien. Eramedix menyediakan modul pengelolaan obat terintegrasi, yang memungkinkan tenaga medis dapat mengakses informasi obat seperti dosis, dan stock obat secara real time. Melalui fitur manajemen inventaris obat yang terintegrasi, sistem klinik Eramedix juga berperan dalam menghindari kekurangan obat dan pemborosan obat karena kadaluarsa. 

3. Manajemen Janji dan Jadwal

Fitur pengelolaan janji dan jadwal pasien dalam sistem klinik eramedix memungkinkan staf administrasi untuk mengubah bahkan membatalkan janji pasien yang dilakukan pasien secara daring, sambil staf mempertimbangkan ketersediaan dokter. Melalui fitur ini, klinik akan diuntungkan karena klinik dapat mengurangi risiko terlewatnya jadwal.

4. Penggunaan Protokol Standar

Eramedix merupakan sistem klinik yang diakui karena menerapkan protokol standar yang ketat dalam pengelolaan informasi kesehatan dan administrasi klinik. Eramedix tunduk pada regulasi dan standar industri yang mengatur pengelolaan informasi kesehatan, seperti HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act) di Amerika Serikat. Eramedix memastikan bahwa semua kegiatan dalam sistem berjalan sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku, termasuk penyimpanan, penggunaan dan pemusnahan informasi medis.

5. Pelaporan dan Analisis 

Sistem klinik eramedix menyediakan fitur untuk membuat laporan dan menganalisis data terkait kinerja klinik. Laporan kinerja klinik yang dikelola mencakup dokumentasi tentang jumlah pasien, laporan pendapatan dari layanan yang disediakan dan laporan ketersediaan obat untuk membantu manajemen mengambil keputusan strategis dalam stock obat. Melalui pelaporan dan analisis yang terstruktur, sistem klinik Eramedix akan meminimalisir aktifitas yang merugikan klinik.

Kesimpulan

Dalam dunia kesehatan yang terus berkembang, kehadiran sistem klinik Eramedix sangat berperan dalam upaya pencegahan medical error. Sistem klinik Eramedix juga menjadi contoh nyata bagaimana teknologi sangat berguna dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Melalui fitur-fitur canggih yang dirancang khusus untuk mencegah kesalahan medis, Eramedix telah membuktikan dirinya dapat diandalkan sebagai solusi efektif mengatasi tantangan yang dihadapi oleh klinik-klinik di era modern ini. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan inovasinya, Eramedix memberikan transformasi positif bagi penyediaan teknologi layanan kesehatan di masa depan.