Loading...
Resep Elektronik Cegah Kekeliruan Dalam Membaca Tulisan Dokter

May 24, 2024, 9:53 a.m.

Resep Elektronik Cegah Kekeliruan Dalam Membaca Tulisan Dokter

Komunikasi yang efektif antara dokter dan pasien adalah kunci dalam memberikan perawatan yang tepat dan aman bagi pasien. Salah satu bentuk dari komunikasi perawatan medis yaitu melalui resep medis. Resep medis adalah instruksi tertulis yang diberikan oleh dokter kepada pasien saat pemberian obat. Namun, tulisan tangan dokter pada resep seringkali sulit dibaca hingga menimbulkan kekeliruan dalam meresepkan obat. Kekeliruan dalam membaca resep dokter merupakan salah satu penyebab utama kesalahan medis yang dapat membahayakan pasien. 

Keresahan yang terjadi akibat kesalahan pemberian obat menumbuhkan kesadaran hingga akhirnya tercipta teknologi modern yang menawarkan solusi dalam mengurangi kesalahan medis akibat tulisan dokter sulit terbaca. Teknologi modern ini bernama resep elektronik. Resep elektronik adalah solusi inovatif dalam mengatasi masalah kekeliruan membaca tulisan dokter. Pada resep elektronik, resep medis ditulis secara digital menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat diakses oleh dokter, petugas farmasi dan pasien. Dalam versi yang lebih pro, rekam medis elektronik dapat diintegrasikan dengan sistem resep elektronik yang akan memudahkan dokter dalam memberikan resep yang tepat dan akurat.

Berdasarkan jurnal manajemen informasi kesehatan indonesia, fasilitas kesehatan yang menggunakan resep elektronik terbukti mengurangi kesalahan akibat tulisan tangan dokter yang sulit terbaca. Studi tersebut juga menyebutkan, adanya perbedaan waktu tunggu yang signifikan antara layanan resep elektronik dan tidak menggunakan elektronik, hingga berpengaruh terhadap mutu layanan farmasi. Sebuah studi oleh Institute of Medicine (IOM) juga melaporkan bahwa penggunaan resep elektronik dapat mengurangi kesalahan pengobatan hingga 55%.

Meskipun banyak keuntungan, implementasi resep elektronik ternyata tidak semudah itu. Ada beberapa tantangan yang perlu Anda diperhatikan, seperti wajib berinvestasi awal pada perangkat keras dan perangkat lunak, memfasilitasi pelatihan staf dan proses adaptasi terhadap perubahan teknologi menjadi tantangan yang perlu diatasi. Namun, biaya dan usaha yang dikeluarkan akan sepadan dengan manfaat jangka panjang yang diperoleh dari peningkatan keselamatan dan efisiensi sistem kesehatan.

Kesimpulan

Terkadang beberapa apoteker terkendala dalam membaca resep yang dituliskan oleh dokter. Hal ini terjadi karena masih banyak dokter yang menuliskan resep secara manual dengan tulis tangan. Resep elektronik adalah solusi permasalah ini, resep elektronik merupakan solusi efektif dalam mencegah kesalahan medis akibat kekeliruan staf membaca tulisan tangan dokter. Tunggu apa lagi? saatnya klinik Anda pakai software Eramedix dalam membuat resep elektronik untuk pasien.