Loading...
Software Klinik Yang Wajib Dimiliki Dokter Praktik Mandiri

Sept. 20, 2023, 10:18 a.m.

Software Klinik Yang Wajib Dimiliki Dokter Praktik Mandiri

Software klinik EMR adalah sebuah sistem berbasis elektronik yang berisi informasi kesehatan, penyakit, dan informasi biaya perawatan pasien yang terhubung dengan internet pada fasilitas kesehatan. Informasi tersebut terdiri dari data demografi, riwayat medis, pengobatan, hasil uji laboratorium dan radiologi, proses keperawatan, discharge planning serta informasi penagihan biaya pengobatan. 

Pembuatan software klinik EMR akan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi serta implementasi EMR tidak dapat terjadi dengan tiba-tiba, melainkan membutuhkan waktu. Hal ini disebabkan transformasi penerapan software klinik EMR berpengaruh kepada kesiapan mental dan perubahan mindset dari kebiasaan yang dilakukan staf dan pasien selama ini.

 

Untuk Apa EMR bagi Dokter Praktik Mandiri?

Akibat pengetahuan medis yang dinamis, dokter perlu mendapat informasi pasien yang lengkap dan akurat. Tentu kehadiran software klinik seperti EMR akan membantu dokter dalam mempertajam diagnosa pasien. Penerapan software klinik EMR sangat direkomendasikan agar kualitas data yang diterima pasien lebih akurat. Software klinik EMR juga akan memastikan bahwa data dokter terintegrasi secara nasional dan secara digital, sehingga tidak memberikan data yang membingungkan bagi pasien. 

Informasi yang disajikan oleh EMR berupa grafik serta diagram, informasi tersebut akan mewakili parameter-parameter penting pasien dan bersifat real time. Informasi dalam EMR juga memudahkan dokter melacak tiap perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu. 

 

Untuk Apa EMR bagi Pasien?

Secara umum data rekam medis merupakan data milik klinik dan dokter yang merawat, tetapi isi dari rekam medis adalah hak pasien dan keluarga pasien. Hal ini tercantum dalam Undang-undang Praktik Kedokteran pasal 52.

Berdasarkan Permenkes Nomor 269 tahun 2008 Pasal 12 ayat 4 disebutkan bahwa ringkasan rekam medis bisa diberikan dalam bentuk catatan atau salinan kepada pasien ke beberapa orang yang berhak seperti keluarga pasien, keluarganya yang mendapat kuasa langsung dari pasien, dan orang yang mendapat kuasa tertulis dari pasien dan keluarganya.

Akses EMR juga akan memudahkan pasien mendapatkan update terkini mengenai kondisi kesehatannya. Karena data pasien mudah ditemukan, proses komunikasi antara dokter klinik dengan pasien menjadi lebih efisien. Adanya software klinik EMR juga memudahkan pasien untuk melakukan konsultasi medis jarak jauh, sehingga jangkauan layanan fasilitas kesehatan menjadi lebih luas.

Untuk bisa mewujudkan berbagai kenyamanan diatas, Anda bisa menggunakan software klinik Eramedix. Eramedix merupakan rekam medis elektronik berbasis cloud yang sudah terintegrasi dengan SATU SEHAT Kemenkes RI. Dilengkapi dengan fitur yang komprehensif, seperti penjadwalan, penagihan terintegrasi, integrasi lab dan lainnya. Hubungi kami untuk mengetahui harga dan demo gratis.