Loading...
Rekam Medis Digital vs Rekam Medis Fisik

March 15, 2024, 8:33 a.m.

Rekam Medis Digital vs Rekam Medis Fisik

Transformasi digital dibidang kesehatan telah terbukti mempermudah segala prosedur kesehatan. Teknologi ini bernama rekam medis elektronik, yang sudah mulai diterapkan di beberapa rumah sakit besar. Bagi masyarakat yang sudah lama berkecimpung di dunia kesehatan tentu tidak asing lagi dengan istilah rekam medis. Rekam medis menyediakan fitur database untuk menampung data diagnosis, yang dapat digunakan dokter melakukan perawatan pasien.

Apa itu rekam medis digital? lebih baik mana rekam medis fisik atau digital? Pembahasan lengkapnya bisa Anda simak berikut ini!

Apa yang dimaksud Rekam Medis?

Menurut penjelasan yang terdapat dalam Permenkes Nomor 269 Pasal 1 Ayat 1, rekam medis adalah dokumen yang berisi catatan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan dan tindakan pasien berbentuk dokumen fisik atau digital. Meskipun rekam medis hanya dibuat bagi pelayanan dokter saja, namun dalam praktiknya rekam medis juga berisi informasi lain tentang tindakan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan lainnya. Baik yang dilakukan oleh dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi,  klinik bidan,  maupun perawat. 

Lebih Baik Rekam Medis Digital atau Rekam Medis Fisik?

Pertanyaan ini mungkin banyak ditanyakan oleh Anda yang memiliki bisnis layanan kesehatan atau bertugas sebagai pengelola data rekam medis. Manakah yang lebih baik rekam medis fisik atau rekam medis digital?

Perlu Anda ketahui, kedua jenis rekam medis tersebut diizinkan dan diakui oleh pemerintah. Namun, data digital memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan data fisik, berikut penjelasannya : 

  • Menurut salah satu penelitian pada 14.000 resep obat yang dikeluarkan oleh rumah sakit menunjukkan bahwa penggunaan rekam medis dan resep elektronik mengurangi kesalahan sebanyak 3.1%. Oleh karena itu, kehadiran rekam medis digital sangat penting untuk meningkatkan akurasi pelayanan kesehatan.
  • Rekam medis digital memberi kemudahan distribusi informasi, sehingga data historis pasien dapat ditemukan dengan cepat dan akurat ketika dibutuhkan tiba-tiba.
  • Rekam medis digital menghemat biaya, hal ini dapat terjadi karena rekam medis digital tidak membutuhkan kertas dan tinta printer untuk mencetak dokumen terkait riwayat penyakit pasien.
  • Rekam medis digital meningkatkan produktivitas, terciptanya teknologi rekam medis digital perawat tidak perlu lagi mencari data pasien secara manual. Karena itu, kinerja tenaga kesehatan juga ikut meningkat.

Selain manfaat di atas, rekam medis digital sebenarnya memiliki lebih banyak keuntungan. Jika Anda tertarik dengan pengelolaan rekam medis digital, Eramedix menyediakan solusi manajemen pasien yang dapat Anda manfaatkan untuk mengelola data historis pasien dengan lebih optimal dan efektif.

Solusi ini ready to use karena dilengkapi dengan fitur retensi dokumen untuk memastikan agar rekam medis tersimpan sesuai dengan kebutuhan klinik. Eramedix menyediakan uji coba gratis bagi Anda pemilik bisnis layanan kesehatan. Hubungi kami sekarang juga untuk mendaftar.