Loading...
Peran Software Klinik Pada Manajemen Inventaris Obat

Oct. 9, 2023, 5:59 a.m.

Peran Software Klinik Pada Manajemen Inventaris Obat

Di dunia fasilitas kesehatan yang terus berkembang, keefektifan manajemen inventaris obat menjadi salah satu elemen kunci dalam memberikan perawatan berkualitas. Salah satu cara untuk mencapai manajemen inventaris obat yang baik adalah dengan menggunakan manajemen farmasi melalui software klinik yang dirancang khusus. Munculnya peluang ini dimanfaatkan oleh Eramedix untuk membantu faskes dalam mengembangkan bisnis dan juga meningkatkan mutu pelayanannya.

Artikel ini akan menjelaskan mengapa manajemen inventaris obat sangat penting dalam lingkungan fasilitas kesehatan dan bagaimana software klinik dapat membantu Anda dalam pencapaian tujuan peningkatan mutu layanan.

 

Pentingnya Manajemen Inventaris Obat yang Efektif

Pengelolaan manajemen inventaris obat bertujuan agar pengelolaan obat menjadi tertib administrasi sekaligus sebagai media penghematan keuangan dan pengendalian faskes. Bentuk manajemen inventaris obat berupa perencanaan dan penentuan kebutuhan, penganggaran, pengadaan, penyimpanan dan penyaluran, penggunaan dan pemeliharaan serta penghapusan. Berikut ada beberapa fungsi dari manajemen inventaris obat : 

1. Memastikan Ketersediaan Obat

Manajemen inventaris obat mempunyai kemampuan dalam memastikan bahwa obat-obatan yang diperlukan selalu tersedia saat dibutuhkan. Dalam situasi darurat atau perawatan pasien yang kritis, ketiadaan obat dapat mengancam nyawa pasien. Oleh karena itu, pengadaan software klinik pada fasilitas kesehatan tentu sangat membantu staf kesehatan agar dapat dengan mudah memantau stok obat dan mengambil tindakan preventif ketika persediaan obat hampir habis.

2. Menghindari Pemborosan

Manajemen inventaris obat yang buruk dapat mengakibatkan biaya yang tidak perlu. Obat-obatan kadaluarsa yang terlalu lama disimpan dapat mengakibatkan pemborosan dana. Dalam hal ini software klinik dapat membantu mengidentifikasi obat yang mendekati tanggal kadaluarsa sehingga staf dapat langsung mengambil tindakan untuk mengurangi pemborosan.

3. Pemantauan Penggunaan Obat

Dengan menggunakan software klinik, penggunaan obat dapat dipantau dengan lebih terukur. Hal ini dapat terjadi karena software klinik memungkinkan identifikasi tren penyakit tertentu dan pola penggunaan obat yang sering digunakan . Dimana Informasi ini dapat dijadikan acuan untuk merencanakan pembelian obat dengan lebih efisien, menghindari kekurangan, dan mengelola stok dengan baik. 

4. Keamanan Pasien

Kesalahan staf medis dalam pemberian obat dapat berpotensi membahayakan pasien. Manajemen inventaris obat dengan software klinik dapat membantu memastikan bahwa obat yang diberikan kepada pasien adalah yang benar, expired datenya jelas dan dalam dosis yang tepat. 

 

Peran Software Klinik Pada Manajemen Inventaris Obat

Software klinik dalam manajemen inventaris obat memiliki berbagai fitur yang mendukung pengelolaan obat lebih efektif, diantaranya :

1. Pemantauan Real-Time

Fitur stok obat yang real time pada software klinik memungkinkan Anda untuk melihat data atau informasi obat mulai dari nama obat, tanggal kadaluarsa obat, serta pemasukan dan pengeluaran obat dan sisa obat beserta unit kerja mana obat tersebut disimpan. Hal ini membuat staf kesehatan dapat melihat stok obat saat ini dan segera mengambil tindakan ketika ada kekurangan atau kelebihan stok obat.

2. Pemberitahuan Kadaluarsa

Fitur pemberitahuan kadaluarsa pada software klinik digunakan sebagai pemberitahuan otomatis kepada pihak farmasi tentang obat-obatan yang mendekati tanggal kadaluarsa dan mengetahui obat apa saja yang sudah kadaluarsa. Fitur pemberitahuan ini membuat staf dapat segera mengambil tindakan untuk menghindari pemborosan.

3. Manajemen Reorder

Fitur ini akan memudahkan dalam merencanakan pemesanan ulang obat-obatan secara otomatis berdasarkan penggunaan dan kebutuhan aktual.

4. Integrasi dengan Rekam Medis Elektronik (EHR)

Integrasi software klinik dengan EHR memungkinkan pencatatan penggunaan obat secara langsung pada catatan medis pasien dan memastikan akurasi informasi sehingga terhindar dari kesalahan pemberian obat. 

Melalui penjelasan diatas, dapat disimpulkan, software klinik menjadi alat yang sangat berharga dalam meningkatkan mutu layanan fasilitas kesehatan. Untuk bisa merasakan kemudahan teknologi software klinik, hubungi kami sekarang untuk demo gratis.