Loading...
Implementasi Aplikasi Klinik dari Pelatihan Sampai Integrasi Sistem

Nov. 2, 2023, 8:42 a.m.

Implementasi Aplikasi Klinik dari Pelatihan Sampai Integrasi Sistem

Peran teknologi dalam industri kesehatan era digital terus berkembang. Oleh sebab itu, banyak vendor software kesehatan berlomba merancang aplikasi klinik untuk memenuhi kebutuhan perkembangan digital. Kehadiran aplikasi klinik Eramedix menjadi alternatif teknologi dalam mengelola klinik. Dalam melakukan transisi sistem, pendampingan implementasi aplikasi klinik menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa aplikasi klinik digunakan secara efektif dan memberikan manfaat maksimal kepada klinik. Layanan pendampingan transisi aplikasi klinik juga berfungsi dalam meningkatkan pelayanan pelanggan dan efisiensi operasional di dunia perawatan kesehatan. Dalam artikel ini akan dijelaskan dukungan yang diberikan oleh Eramedix kepada calon mitra, mulai dari pelatihan hingga integrasi sistem.

Pendampingan Implementasi Aplikasi Klinik
Proses implementasi perangkat lunak klinik menjadi tantangan bagi klinik konvensional, apalagi jika karyawan klinik tersebut belum terbiasa dengan teknologi modern. Dalam hal ini, Eramedix menyediakan dukungan dalam langkah-langkah awal implementasi, bentuk pendampingan yang diberikan berupa : 

  1. Pelatihan
    Tim Eramedix akan memberikan pelatihan kepada staf klinik tentang cara menggunakan aplikasi klinik dengan efektif. Staf klinik akan mendapatkan penjelasan tentang bagaimana menggunakan aplikasi, bagaimana aplikasi klinik dapat meningkatkan efisiensi kerja, bagaimana aplikasi klinik berpengaruh terhadap keamanan data, dan kualitas layanan kesehatan yang mereka terima setelah menerapkan aplikasi klinik. Diharapkan, melalui pendampingan ini staf dapat memahami manfaat konkret yang diberikan oleh aplikasi klinik.
  2. Migrasi Data
    Proses pemindahan data pasien dan riwayat medis harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kehilangan informasi penting. Dalam hal ini, tim Eramedix memberikan dampingan dalam proses migrasi data klinik dari software yang lama ke aplikasi klinik Eramedix. Pendampingan migrasi data memastikan jika data yang sudah ada harus dapat diimpor ke dalam aplikasi klinik tanpa kehilangan informasi perawatan pasien. 
  3. Konfigurasi
    Eramedix memberi dukungan konfigurasi sistem untuk memenuhi kebutuhan khusus klinik. Pada dasarnya, setiap klinik memiliki kebutuhan yang berbeda. Setelah implementasi aplikasi klinik, proses pendampingan tidak berakhir di sana. Tim Eramedix akan membantu mengevaluasi dan memantau kinerja aplikasi klinik dalam menjalankan operasional klinik. Pada fase ini, konfigurasi memungkinkan aplikasi klinik melakukan perbaikan dan penyesuaian klinik seiring berjalannya waktu, melalui layanan  konfigurasi tim Eramedix akan merancang solusi yang sesuai dengan kebutuhan klinik Anda.
  4. Dukungan Teknis
    Sebelum memulai proses implementasi aplikasi klinik, sangat penting untuk melakukan analisis mendalam tentang kebutuhan klinik Anda. Untuk itu, Eramedix menyediakan layanan dukungan teknis untuk mengatasi masalah dan menjawab pertanyaan mencakup masalah yang perlu dipecahkan, identifikasi proses yang perlu dioptimalkan, dan tujuan apa yang ingin dicapai melalui penggunaan aplikasi klinik.

    Aplikasi klinik Eramedix berdiri sebagai solusi dalam mengelola klinik di Indonesia, seperti klinik kecantikan, klinik gigi atau klinik swasta lainnya. Dalam dunia perawatan kesehatan yang terus berkembang, dukungan pendampingan dan integrasi yang diberikan oleh Eramedik penting dilakukan bagi staf agar staf familiar dalam pengoprasian aplikasi klinik.