Loading...
Optimalisasi Layanan Klinik dengan Aplikasi Klinik

Oct. 31, 2023, 5:53 a.m.

Optimalisasi Layanan Klinik dengan Aplikasi Klinik

Perkembangan teknologi dan digitalisasi proses bisnis yang terjadi selama beberapa tahun kebelakang telah mempengaruhi manajemen operasional pelayanan kesehatan masyarakat seperti klinik. Sekarang, segenap tenaga medis sudah banyak yang familiar dengan aplikasi klinik, dan mereka akan bertugas mengintegrasikan data ke sistem informasi klinik melalui aplikasi klinik

Berdasarkan praktiknya, fasilitas klinik dibagi menjadi klinik pratama dan klinik utama. Klinik pratama merupakan layanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan medis dasar, seperti rawat jalan dan rawat inap. Sedangkan klinik utama adalah layanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan medis dasar dan spesialis, seperti rawat jalan, gawat darurat, spesialis radiologi, spesialis fisioterapi, one day care, rawat inap dan/atau home care.

Optimalisasi Layanan Klinik Dengan Aplikasi Klinik
Secara umum, penerapan aplikasi klinik memberi manfaat besar dalam membantu kegiatan manajemen dan operasional klinik, mulai dari pelayanan pasien hingga pembuatan laporan untuk meningkatkan akreditasi klinik. Kecanggihan teknologi aplikasi klinik dapat dilihat dari  services apa saja yang ditawarkan oleh vendor aplikasi klinik dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman. Lalu fitur apa saja yang terdapat dalam aplikasi klinik berikan dalam mendukung berkembangnya klinik pratama dan klinik utama? Mari kita bahas!

  1. SIM Klinik (Sistem Informasi Manajemen Klinik), yaitu sistem khusus pengelolaan data, mengintegrasikan, mengumpulkan, menyimpan, dan mengubah data klinis pasien klinik, sekaligus dapat didesain untuk mengelola multi klinik. Beberapa vendor pengembang aplikasi klinik juga telah mendukung implementasi dengan single database.
  2. PACS atau Picture Archiving Communication System, yaitu  sistem yang digunakan dalam industri perawatan kesehatan, terutama di bidang radiologi, untuk mengelola, menyimpan, dan mentransmisikan gambar medis digital, seperti radiografi, tomografi komputer (CT), dan pemindaian resonansi magnetik (MRI). PACS memiliki dampak positif dalam perawatan kesehatan, seperti mengurangi waktu diagnosa, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memastikan informasi pasien lebih mudah diakses oleh penyedia layanan kesehatan yang berwenang.
  3. HRM atau Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, yaitu sistem yang membantu mengelola sumber daya manusia di dalam fasilitas pelayanan kesehatan. Seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan tenaga lain yang bekerja dalam klinik.
  4. Cloud, yaitu sistem pendukung fungsi dalam aplikasi klinik, dimana fitur dari sistem informasi manajemen klinik telah terintegrasi dengan arsitektur website cloud-based.

Itulah 4 fitur pendukung aplikasi klinik yang dapat menunjang perkembangan klinik pratama dan klinik utama. Melalui pembahasan di atas menunjukan bahwa aplikasi klinik adalah alat strategis dalam pengelolaan administrasi klinik agar terstruktur lebih baik dan keberadaan aplikasi klinik terbukti dapat meningkatkan efektifitas kerja. Untuk bisa merasakan kemudahan teknologi aplikasi klinik, hubungi Eramedix untuk mencoba demo gratis.