Loading...
Alur Migrasi Data Rekam Medis Manual Ke Sistem Klinik Eramedix

March 1, 2024, 6:15 a.m.

Alur Migrasi Data Rekam Medis Manual Ke Sistem Klinik Eramedix

Keberadaan perkembangan digital yang semakin eksis seperti saat ini, telah menciptakan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Aktivitas yang sebelumnya dikerjakan secara manual, telah tergantikan melalui sistem elektronik. Salah satu contoh produk perkembangan teknologi digital dibidang kesehatan adalah sistem klinik. 

Penerapan sistem klinik memiliki manfaat dalam proses tukar menukar informasi medis agar lebih mudah diakses, tersusun rapi dalam satu format dan tentu lebih aman dari resiko kehilangan atau kerusakan yang sering dialami saat menggunakan sistem konvensional. Melalui penerapan sistem klinik, diharapkan dapat membuka jalan bagi pelayanan kesehatan yang lebih efisien dan lebih baik untuk peningkatan perawatan kesehatan modern.

Walaupun terdapat banyak manfaat yang telah diuraikan sebelumnya, perlu dicatat bahwa migrasi sistem klinik memerlukan beberapa langkah yang tidak mudah. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi tidak selalu berjalan imbang dengan kapabilitas dari pengguna teknologi tersebut. Dimana masih ada rumah sakit atau klinik yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya proses kerja rekam medis dan alur migrasi data ke digital.

Seperti yang kita tahu, bahwa migrasi data dari sistem konvensional ke sistem klinik digital memerlukan investasi awal yang signifikan. Maka, mari kita bahas alur migrasi ke klinik digital yang penting untuk Anda ketahui, khususnya jika Anda berencana melakukan transformasi sistem klinik dalam waktu dekat ini. 

  1. Meeting Introduction

Penjelasan singkat terkait persiapan data menjadi langkah awal, kemudian  sebelum melakukan migrasi data kumpulkan terlebih dahulu dokumen data pasien, data pegawai, data obat, data tindakan, data tarif serta data lainnya ke dalam lemari penyimpanan untuk memudahkan pemilahan atau indexing saat data fisik diubah ke format digital.

Setelah itu, pastikan format dokumen digital yang tersedia sebelum proses transformasi dilakukan. Saat ini ada beberapa jenis format digital yang biasa digunakan, mulai dari format PDF yang dapat dibuka tanpa aplikasi pengolah data, Doc yang dapat Anda edit menggunakan aplikasi Word, format PNG dan JPG untuk penyimpanan dalam bentuk gambar.

  1. Proses Migrasi Data

Proses migrasi data dimulai dari collecting data, dilanjutkan ke proses input data ke dalam sistem klinik eramedix. Setelah  data melewati penyesuaian format dan penyesuaian struktur data standar sistem klinik Eramedix, selanjutnya kita perlu melakukan pemilihan metode migrasi data yang sesuai dengan kebutuhan klinik, seperti migrasi langsung, migrasi bertahap , hingga menggunakan alat otomatis untuk mentransfer data. Pilihan ini tergantung pada volume data dan kebutuhan spesifik klinik.

  1. Training Pegawai

Pelatihan untuk nakes terkait penggunaan sistem klinik eramedix. Pelatihan ini berfungsi agar nakes memahami alur kerja sistem klink digital, mengerti cara memakai software klinik, hingga sarana mengedukasi tentang keamanan data kepada nakes.  Proses training bisa memakan waktu 7 sampai 14 hari tergantung dari banyaknya data yang dimiliki oleh klinik, training akan dibantu oleh tim eramedix.

  1. Simulasi Penggunaan Sistem

Alur selanjutnya dalam proses migrasi data yaitu melakukan simulasi penggunaan sistem klinik Eramedix untuk memastikan bahwa nakes dapat dengan lancar mengelola dan mengakses data pasien menggunakan platform baru. 

  1. Penerapan Sistem Eramedix

Setelah proses migrasi dan pelatihan selesai, maka klinik dinyatakan siap secara penuh menerapkan sistem klinik Eramedix. Pastikan bahwa proses update data secara real time berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Migrasi data dari klinik konvensional ke sistem klinik digital memerlukan perencanaan yang cermat, terkoordinasi dan pemantauan yang berkelanjutan untuk memastikan kesuksesan penerapan sistem yang baru. Sistem klinik eramedix memberikan pemeliharaan, penyesuaian atau perbaikan yang diperlukan klinik. Selain menangani penyesuaian sistem, eramedix juga berkomitmen memberikan pendampingan penuh selama proses migrasi dengan pihak klinik, untuk memastikan keberhasilan dan kesiapan semua pihak. Hubungi kami sekarang untuk uji coba gratis.