Loading...
Meningkatkan Efisiensi Sistem Klinik dengan Registrasi Pasien Online

Sept. 4, 2023, 8:45 a.m.

Meningkatkan Efisiensi Sistem Klinik dengan Registrasi Pasien Online

Di era teknologi seperti sekarang ini, merubah berbagai macam aspek di kehidupan manusia, termasuk sistem klinik. Biasanya saat mendaftar untuk berobat di klinik, pasien mendapatkan nomor antrean dan menunggu sampai namanya dipanggil. Antrean ini sering menjadi masalah di klinik, karena tidak seimbangnya antara jumlah pasien dan staf. Sehingga banyak pasien yang menunggu lama dan staf klinik yang harus bergerak cepat agar antrean tidak menumpuk. Karena itu, harus ada perubahan dalam sistem klinik, termasuk registrasi pasien.

Tidak sedikit fasilitas kesehatan mulai bergeser ke registrasi pasien secara online. Pasien bisa mendaftarkan diri tanpa harus datang terlebih dahulu. Para pasien akan memasukkan identitas mereka dan jadwal yang diinginkan. Kemudian staf akan memasukkan data ke dalam sistem informasi rumah sakit (SIMRS). Cara yang lebih canggih adalah menggunakan situs web atau aplikasi mobile yang langsung terkoneksi ke SIMRS. 

Lalu, haruskah sistem klinik Anda berinvestasi pada registrasi secara online? Berikut manfaat yang didapat jika klinik Anda beralih ke registrasi online:

1. Penghematan waktu dan tenaga: Sistem klinik dengan registrasi pasien online menghilangkan kebutuhan untuk pasien antre di loket pendaftaran. Pasien dapat mendaftar dari kenyamanan rumah mereka sendiri atau menggunakan perangkat mobile, staf klinik juga bisa mengira-ngira berapa pasien yang akan datang hari ini sehingga mereka dapat mempersiapkan SDM, ini dapat menghemat tenaga bagi kedua belah pihak.

2. Pengurangan kesalahan data: Registrasi manual sering kali rentan terhadap kesalahan input data. Dengan registrasi pasien online, informasi pasien di-input secara langsung oleh pasien sendiri, mengurangi risiko kesalahan karena penulisan tangan.

3. Peningkatan akurasi data: data pasien yang tercatat secara digital memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan catatan manual. Ini berdampak positif pada diagnosis dan pengobatan yang lebih tepat.

4. Akses terpusat: Sistem klinik dengan registrasi online memungkinkan data pasien diakses oleh berbagai departemen dengan cepat dan mudah. Ini membantu dalam penjadwalan kunjungan, pengobatan yang terkoordinasi dan kolaborasi tim medis. 

5. Pengingat, notifikasi dan histori: Registrasi online dapat mengirimkan pengingat otomatis mengenai jadwal kunjungan, persyaratan pra-kunjungan dan histori pendaftaran pasien.

Langkah-Langkah Implementasi Sistem Klinik Registrasi Pasien Online

1. Pilih platform yang tepat: Pilih platform atau software yang sesuai kebutuhan klinik Anda. Pastikan platform tersebut mudah digunakan oleh pasien dan memenuhi standar keamanan data.

2. Promosikan kepada pasien: Sosialisasikan penerapan registrasi pasien online kepada pasien Anda melalui berbagai platform komunikasi, seperti situs web klinik atau media sosial.

3. Melatih staf: staf terkait harus diberi tahu tentang penggunaan sistem registrasi online, sehingga mereka tahu cara menangani data pendaftaran online, dapat memberi informasi jika ditanya dan membantu mempromosikan fitur.

4. Pengawasan dan evaluasi: Pantau dan evaluasi penggunaan sistem registrasi pasien online secara berkala. Dengan mendengarkan masukan dari pasien, Anda dapat terus memperbaiki user experience sistem klinik.

ERAMEDIX menyediakan aplikasi yang dilengkapi fitur scheduling, yang mana memungkinkan klinik membuat jadwal berulang, alur kerja otomatis yang dipicu oleh check-in dan pengingat pasien. ERAMEDIX dapat menjadi solusi mudah terjangkau untuk rekaman medis karena telah berbasis cloud yang sudah terintegrasi dengan SATU SEHAT Kemenkes RI. Melalui perubahan sistem klinik registrasi pasien menjadi online, klinik Anda dapat merasakan manfaat dan menghemat dari segi biaya dan SDM.


Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami.