March 11, 2025, 3:57 a.m.
Implementasi aplikasi klinik menjadi solusi efisiensi kinerja manajemen bidan. Dalam dunia pelayanan kesehatan, klinik bidan menjadi layanan kesehatan yang banyak menerima pasien. Tantangan pelayanan klinik bidan biasanya sering muncul pada aspek tata kelola administrasi pasien. Pelayanan kesehatan klinik bidan yang beragam, seperti pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan perkembangan janin, sampai pemantauan kesehatan ibu anak pasca persalinan, memberikan tantangan operasional bagi manajemen klinik. Tantangan tersebut berupa kegiatan dalam pengelolaan administrasi pasien. Pencatatan administrasi pasien yang dikerjakan secara konvensional, menjadi penghambat efisiensi kerja manajemen bidan. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi klinik bidan untuk meimplementasikan aplikasi klinik.
Sebelum mengupas lebih dalam tentang alasan lain mengapa bidan perlu menggunakan aplikasi klinik, yuk kita bahas dulu tentang aplikasi klinik yang merupakan teknologi digital industri kesehatan.
Administrasi yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan antrian panjang dan pelayanan yang kurang efisien. Seperti penjelasan sebelumnya, aplikasi klinik bentuk dari revolusi teknologi, bermanfaat sebagai media pencatatan data pasien secara digital, dan media penyimpanan dokumentasi riwayat medis, yang membawa kemudahan bagi bidan ketika ingin mengakses dan memperbarui informasi pasien kapan saja.
Implementasi aplikasi klinik juga membuat bidan lebih mudah mengatur antrian pasien, menjadwalkan pemeriksaan, dan mengirimkan pengingat jadwal kontrol secara otomatis, sehingga risiko keterlambatan pelayanan berkurang.
Pemantauan perkembangan kehamilan pasien perlu dilakukan secara sistematis sehingga modul Rekam Medis Elektronik (RME) termasuk elemen penting yang wajib ada di klinik bidan. RME dalam aplikasi klinik dapat diakses dengan mudah hanya dengan bantuan internet. Implementasi RME dalam aplikasi klinik juga memberikan keyakinan bagi pasien bahwa setiap pemeriksaan telah dilakukan sesuai prosedur. Alasan lain mengapa bidan perlu aplikasi klinik yaitu agar mendapat kemudahan dalam melakukan pelaporan data pasien ke sistem Satu Sehat.
3. Manajemen Keuangan yang Lebih Transparan
Selain memberikan kemudahan dalam proses administrasi pasien, implementasi aplikasi klinik juga mampu merampingkan proses kelola finansial klinik. Melalui modul manajemen keuangan yang terintegrasi dengan sistem pembayaran digital, beban kerja administratif otomatis berkurang. Kegiatan pencatatan data, dan pengelolaan stok obat yang dapat di otomasi dengan aplikasi klinik, tidak hanya meningkatkan keakuratan, tetapi juga dapat membantu bidan memberikan layanan yang lebih cepat.
Aplikasi klinik menjadi solusi yang wajib dipertimbangkan bagi bidan yang ingin meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi standar pelayanan kesehatan yang lebih baik. Jika klinik Anda memerlukan solusi aplikasi klinik terintegrasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Eramedik. Eramedix hadir sebagai solusi terbaik mengelola klinik bidan dengan lebih sederhana dan efisien. Modul aplikasi klinik Eramedix dapat dirancang khusus untuk kebutuhan praktik bidan, sehingga melalui pelayanan yang modern dan profesional, klinik Anda siap beradaptasi dalam era teknologi kesehatan digital.
Masih ragu berinvestasi? Mari diskusi dahulu