Loading...
Ketahui Mekanisme HIPAA Dalam Melindungi Sistem Klinik Dan Data Pasien

Oct. 20, 2023, 5:09 a.m.

Ketahui Mekanisme HIPAA Dalam Melindungi Sistem Klinik Dan Data Pasien

Pengelolaan data pasien adalah salah satu aspek terpenting dalam sistem klinik yang modern. Informasi pasien tidak hanya mencakup informasi medis atau riwayat kesehatan tetapi juga informasi administratif yang sangat rahasia, yang diperlukan untuk menunjang perawatan yang efektif dan aman.

HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act) adalah undang-undang federal penting di Amerika Serikat yang dibangun untuk melindungi privasi dan keamanan informasi kesehatan pasien. Mekanisme yang disediakan oleh HIPAA mencakup keamanan data, kontrol akses, audit dan pemantauan, pengaturan perpindahan data, pelatihan staf, dan pelaporan pelanggaran.

Dalam mengembangkan aplikasi klinik, Anda harus memastikan bahwa sistem klinik yang dibangun sesuai dengan kepatuhan HIPAA dalam melindungi informasi pasien. Jika klinik Anda melanggar kepatuhan HIPAA, klinik Anda bisa mendapat kerugian yang serius. Setelah mengetahui peran pentingnya HIPAA pada sistem klinik, Anda juga perlu tahu bagaimana mekanisme HIPAA dalam melindungi sistem klinik dan data pasien.

3 Jenis Keamanan HIPAA

  1. Pengamanan Administratif
    Pengamanan administratif wajib diterapkan bagi entitas yang  mengolah informasi kesehatan. Data dari sistem klinik yang dikelola sistem manajemen keamanan akan terlindungi dari berbagai pihak ketiga dan departemen yang tidak berwenang. Sistem manajemen keamanan yang dilakukan mencakup pelatihan karyawan dan evaluasi kebijakan keamanan. Dengan aturan pengamanan administrasi, memberikan peluang petugas dalam memprediksi risiko dan mengatasi risiko tepat waktu.
     
  2. Pengamanan Fisik
    Pengamanan berupa penyimpanan fisik informasi kesehatan secara jarak jauh melalui elektronik dinamakan ePHI (Electronic Protected Health Information), ePHI tersimpan di lokasi cloud. Ketika Anda mengakses informasi kesehatan yang dilindungi secara elektronik, ePHI yang terpasang pada sistem klinik akan mengaktifkan kebijakan keamanan, seperti menghapus riwayat informasi kesehatan yang dilindungi oleh ePHI dari perangkat Anda setelah mengakhiri kontrak. Pengamanan sistem klinik melalui akses ePHI juga akan memastikan bahwa komputer dan server Anda aman.
     
  3. Pengamanan Teknis
    Perlindungan ini mencakup integritas transmisi dan proses audit. Perlindungan teknis juga berfungsi untuk mengendalikan kerusakan jika terjadi pemadaman listrik, saat memperbarui sistem, atau insiden apa pun yang dapat menyebabkan kesalahan. HIPAA akan memastikan data yang mengalami kesalahan, berangsur pulih ke entitas dalam bentuk yang benar. Pengamanan teknis membuat semua informasi diakses hanya dengan biometrik, kartu pintar atau kata sandi.

    Jadi, membangun layanan kesehatan online membutuhkan lebih dari sekadar membangun aplikasi. Disini Anda harus menjunjung tinggi kerahasiaan, privasi, dan kebajikan PHI Anda di aplikasi. Eramedix menawarkan solusi perangkat lunak layanan kesehatan yang mematuhi standard HIPAA. Eramedix memastikan data pasien tetap aman dan terlindungi, sehingga operasional klinik berjalan dengan lancar serta kepercayaan pasien yang sangat berharga tetap terjaga.