Loading...
Elemen Penting Dalam Manajemen Klinik Modern

July 19, 2024, 11:18 a.m.

Elemen Penting Dalam Manajemen Klinik Modern

Klinik kesehatan termasuk dalam aspek utama di masyarakat dalam menjaga kesejahteraan masyarakat. Hal ini terjadi karena klinik menyediakan aksesibilitas dan perawatan pertama bagi pasien sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi tingkatannya. Sebagai tujuan pertama yang dikunjungi masyarakat untuk mendapat kesembuhan, maka manajemen klinik Anda harus terorganisir dengan baik. 

Bukan karena aturan pemerintah yang mewajibkan fasilitas kesehatan menggunakan sistem manajemen klinik, tetapi demi pelayanan kesehatan yang klinik lakukan bisa diterima maksimal oleh masyarakat.

Dalam upaya memberikan kualitas pelayanan yang unggul, klinik harus mampu memberikan layanan yang cepat, ramah dan profesional kepada pasien. Mari kita bahas beberapa elemen penting yang terdapat dalam manajemen klinik modern.

Sumber Daya Manusia yang Terampil

Klinik modern harus memiliki tim kerja yang terampil dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Jika Anda ingin manajemen klinik diterapkan secara maksimal, sebaiknya Anda menempatkan sumber daya manusia yang terampil dalam melaksanakan manajemen klinik tersebut. Perkembangan zaman yang semakin modern membuat manajemen klinik banyak dikelola secara digital menggunakan aplikasi dan website, dimana dalam pengoperasiannya membutuhkan kemampuan dari seorang staff yang terampil atau familiar dengan teknologi. 

Keterampilan staf dapat menjadi nilai plus, karena staf yang cepat belajar lebih cepat mendukung kelancaran manajemen klinik. Tim kerja yang solid juga dapat membentuk sistem kolaboratif dalam setiap divisi. Dalam hal ini, manajer klinik harus mampu merekrut, melatih, dan bijak dalam mempertahankan staf yang berkualitas.

Standard Operating Procedure (SOP)

Dalam konteks manajemen klinik, Standar Operasional Prosedur (SOP) menjadi pedoman yang merinci langkah-langkah dan proses yang harus diikuti dalam melaksanakan tugas keperawatan. Penerapan SOP bertujuan untuk memastikan semua kegiatan di klinik berjalan secara konsisten, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. SOP juga membuat alur pelayanan kesehatan di klinik menjadi lebih terorganisir, sehingga mudah diterapkan staff klinik maupun pasien yang berkunjung ke klinik.

Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan yang bijaksana adalah elemen penting dalam menjaga keberlanjutan klinik modern. Manajer klinik harus bisa mengelola anggaran klinik dengan teratur, mengendalikan pengeluaran, dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Ranah kerja seorang manajemen keuangan meliputi pemantauan pendapatan dan biaya, perencanaan keuangan jangka pendek dan panjang, serta pengelolaan aset dengan efisien. Hasil laporan keuangan yang dibuat juga harus akurat, karena dari laporan keuangan akan terlihat informasi kinerja keuangan klinik. Sehingga ketika terjadi pemborosan, klinik dapat langsung mengimplementasikan langkah penghematan.

Inovasi Sistem Manajemen Klinik

Manajemen klinik modern membutuhkan pendekatan terintegrasi, sehingga sistem manajemen klinik menjadi kewajiban bagi fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia sebagai bentuk dukungan bagi pelayanan kesehatan yang lebih baik. Anda bisa menggunakan sistem manajemen klinik Eramedix yang khusus digunakan untuk fasilitas kesehatan klinik utama dan klinik pratama. Penerapan sistem manajemen klinik Eramedix membuat pelayanan kesehatan di klinik Anda semakin cepat dan optimal. Pelayanan kesehatan yang cepat akan sangat membantu pasien dalam mengurangi rasa tidak nyaman jika duduk terlalu lama menunggu giliran berobat saat sedang tidak enak badan.