Loading...
5 Fitur yang Harus Ada Pada Aplikasi Klinik Gigi Anda

Oct. 13, 2023, 4:01 a.m.

5 Fitur yang Harus Ada Pada Aplikasi Klinik Gigi Anda

Aplikasi klinik gigi telah menjadi alat yang sangat penting dalam membantu mengelola praktik kesehatan gigi. Pelayanan yang efisien tentu menjadi daya tarik pasien dalam memilih klinik gigi. Agar dapat memberikan manfaat maksimal kepada pasien, aplikasi klinik gigi harus memiliki fitur-fitur yang memfasilitasi antara pasien dan petugas klinik gigi dalam meningkatkan efisiensi operasional. Berikut adalah lima fitur yang harus ada di aplikasi klinik gigi :

 

1. Fitur Janji Temu atau Pendaftaran Pasien

Klinik gigi yang masih menggunakan sistem manual, mengharuskan calon pasien untuk mengantri lalu mendaftar menggunakan kartu berobat. Risiko yang bisa terjadi dari sistem manual adalah kemungkinan kartu hilang atau kartu rusak, penyimpanan kartu yang membutuhkan ruang lebih banyak dan upaya menemukan data pasien yang memakan waktu.

Fitur janji menjadi fitur penting dalam aplikasi klinik gigi. Fitur ini memungkinkan pasien untuk membuat janji temu secara online dengan mudah, mengecek ketersediaan jadwal dokter, dan menerima konfirmasi janji temu melalui pesan atau email. Biasanya aplikasi klinik gigi akan mengirimkan pengingat otomatis melalui pesan teks atau email kepada pasien beberapa hari sebelum janji temu mereka. Tentu hal ini sangat membantu klink mengetahui jumlah pasien yang tidak hadir tanpa pemberitahuan, yang dapat mengganggu jadwal harian klinik dan mengakibatkan hilangnya pendapatan.

2. Fitur Riwayat Medis Pasien

Perekaman riwayat medis pasien secara digital adalah fitur krusial dalam aplikasi klinik gigi. Data rekam medis pasien yang dikumpulkan dalam aplikasi klinik dapat digunakan untuk memahami tren dan pola perawatan pasien. Dengan data ini, dokter juga dapat mengakses riwayat perawatan gigi pasien, memonitor efektivitas perawatan, dan mengukur kepuasan pasien secara lebih efisien.


3. Fitur Pembayaran

Aplikasi klinik gigi harus memiliki sistem pengaturan pembayaran yang memudahkan staf dalam memproses transaksi pengobatan pasien. Ada beberapa fungsi pembayaran di klinik seperti, pembayaran klaim, klaim asuransi, biaya operasional, biaya medis atau biaya tindakan dan jasa dokter.

 4. Fitur Inventaris Obat (link ke inventaris obat)

Klinik gigi memiliki stok obat dan peralatan yang harus dikelola dengan baik. Aplikasi klinik memiliki fitur yang dapat memantau stok obat, menjadi pengingat untuk obat yang mendekati tanggal kadaluarsa, dan mengatur pembaruan persediaan obat secara otomatis. Manfaat-manfaat ini tentu berfungsi untuk memastikan bahwa obat selalu tersedia saat dibutuhkan dan mengurangi pemborosan.

5. Fitur Laporan Keuangan

Sebelumnya, banyak sekali klinik gigi yang membuat laporan keuangan secara manual. Hal ini tentu saja akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuatnya, belum lagi risiko human error. Nah, melalui aplikasi klinik Anda dapat meminimalisir masalah tersebut. 

Selain meminimalisir human error, fitur laporan keuangan juga dapat menampilkan dan merekap arus kas keluar masuk klinik, melalui fitur ini tentu akan memudahkan Anda dalam mendapatkan laporan keuangan dengan cara berkala tanpa harus membuat laporan manual.

 

Menjalankan bisnis klinik tidaklah mudah tanpa bantuan sistem klinik. Bagi Anda yang masih menjalankan sistem manual dalam proses operasional klinik, Anda dapat bergabung menjadi mitra Eramedix. Sebagai mitra Eramedix, Anda akan mendapat manfaat digitalisasi operasional klinik dan pengembangan bisnis untuk meningkatkan standar pelayanan klinik Anda. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan demo gratis.