Loading...
Faktor Meningkatnya Permintaan Layanan Sistem Klinik

Sept. 20, 2023, 10:44 a.m.

Faktor Meningkatnya Permintaan Layanan Sistem Klinik

Terjadinya pertumbuhan populasi masyarakat berdampak pada jumlah pasien yang mencari perawatan kesehatan juga akan meningkat. Hal ini menandakan akan lebih banyak orang mengunjungi fasilitas kesehatan, termasuk klinik, untuk mendapatkan layanan medis. 

Sistem klinik adalah suatu infrastruktur yang digunakan untuk mengelola operasional dan administratif klinik pada fasilitas kesehatan. Teknologi sistem klinik dalam fasilitas kesehatan membawa peran besar bagi kehidupan masyarakat, dengan semakin banyaknya penduduk Indonesia yang sadar teknologi akan memutuskan beralih dari metode tradisional ke layanan teknologi kesehatan modern.

Optimalisasi manajemen klinik dengan inovasi teknologi tentu akan meningkatkan operasional dan mempermudah pengelolaan klinik. Jika Anda seorang pelaku industri kesehatan, Anda perlu memahami apa saja manfaat serta peluang yang muncul dalam penerapan teknologi pada fasilitas kesehatan. Khususnya di era teknologi seperti sekarang ini. Berikut faktor pendukung meningkatnya permintaan layanan sistem klinik pada fasilitas kesehatan modern.

Peningkatan Kualitas Hidup : Adanya pertumbuhan ekonomi pada masyarakat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesejahteraan fisik, yang membuat masyarakat tidak sungkan mencari layanan estetika dengan metode perawatan medis.

Peningkatan Permintaan Dokter : Permintaan akan teknologi sistem klinik untuk Dokter Umum, Dokter Estetik dan praktisi kesehatan lainnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu banyak pengembang teknologi sistem klinik bermitra dengan dokter untuk menyediakan layanan yang optimal. Meningkatnya permintaan dokter akan sistem klinik, tentu juga meningkatkan pendapatan pada sektor industri kesehatan.

Peningkatan fokus pada Inovasi

Layanan kesehatan digital berkembang pesat di Indonesia dan juga global. Terjadinya peningkatan standar hidup telah menimbulkan perubahan preferensi konsumen pada permintaan layanan digital di berbagai industri. Strategi Kemenkes dalam 4 sampai 5 tahun terakhir membuat layanan sistem klinik ramai digunakan oleh berbagai perusahaan kesehatan digital dan solusi kesehatan digital di Indonesia.

Peningkatan Kebutuhan Akses Kesehatan : Di jaman sekarang keinginan masyarakat untuk dapat mengakses fasilitas kesehatan semakin kuat, hal ini terjadi karena terbangunnya kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan. 

Biasanya mereka akan mencari pemeriksaan rutin, diagnosis penyakit serta perawatan medis yang sesuai dengan diagnosis dokter. Untuk mendukung hal tersebut, sistem klinik yang sudah terdigitalisasi akan menjangkau lebih banyak pasien. Tidak hanya dalam satu wilayah faskes melainkan di luar wilayahnya juga. Tentu saja hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan faskes tersebut. 

Konektivitas Dengan Aplikasi Pemerintah : Pengelolaan klinik tidak hanya fokus pada operasional saja namun juga mendukung program pemerintah. Sistem klinik yang baik dapat terhubung dengan aplikasi BPJS Kesehatan sehingga memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional untuk berobat di faskes tersebut.

Agar permintaan layanan klinik Anda semakin meningkat, tingkatkan sistem klinik Anda dengan Eramedix. Eramedix merupakan rekaman medis elektronik pertama di Indonesia berbasis cloud yang telah terintegrasi dengan SATU SEHAT Kemenkes RI. Dilengkapi dengan fitur yang komprehensif seperti, penjadwalan yang bisa dilakukan di mana saja, integrasi lab hingga pelaporan yang mudah hanya tinggal beberapa klik. Kunjungi website kami untuk mengetahui Eramedix lebih lanjut.